Cari
  • Kenney Eka

Cara Penukar Panas Shell & Tube Bekerja

Penukar panas Shell & Tube adalah salah satu dari banyak jenis tipe penukar panas yang sering digunakan. Tipe ini adalah yang paling umum digunakan di kilang minyak dan perusahaan kimia besar lainnya karena tipe ini cocok digunakan untuk aplikasi dengan tekanan tinggi.


Sesuai namanya, jenis penukar panas ini terdiri dari 2 komponen penting, yaitu Shell (lapisan luar) dan Tube (Pipa bagian dalam).


Dua cairan, dengan suhu yang berbeda, mengalir melalui penukar panas Shell & Tube. Cairan pertama akan mengalir di dalam Tube (Panah Kuning), dan cairan lainnya akan mengalir pada bagian luar Tube, yaitu Shell (Panah Merah) untuk mentransfer panas diantara dua cairan.


Panas kemudian akan berpindah dari satu cairan ke cairan yang lainnya melalui dinding tabung, baik dari sisi Tube ke sisi Shell atau sebaliknya.


Bahan yang digunakan adalah cairan atau gas baik pada bagian Shell atau Tube. Untuk mentransfer panas secara efisien, area perpindahan panas yang besar harus digunakan, dengan cara menambah jumlah Tube yang digunakan. Dengan ini, panas yang tidak digunakan dapat dimanfaatkan untuk menghemat energi secara efisien.


Shell & Tube Heat Exchanger juga digunakan pada Dispenser air untuk mentransfer panas antara pendingin dan air pada evaporator dan kondensor, dan untuk pendingin udara pada evaporator.


Temukan lebih lanjut mengenai Tipe tipe heat Exchanger yang tepat untuk Anda Disini!




1 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua