Cari
  • UnicoHex

Bagaimana Heat Exchanger Bekerja?

Diperbarui: Sep 11


Setiap tipe Heat Exchanger memiliki cara bekerja yang berbeda berdasarkan kebutuhan setiap industri. Namun, Heat Exchanger memiliki fungsi yang sama yaitu untuk memindahkan panas dari suatu media ke media yang lain melalui proses konduksi.


Tujuannya adalah untuk meningkatkan efisiensi atau keamanan suatu proses. Beberapa proses tidak akan bekerja sama sekali tanpa penukar panas.


Berikut adalah tipe tipe umum Heat Exchanger yang digunakan


Air-Cooled


Air Cooled Heat Exchanger seperti UniAir berupa radiator dapat mendinginkan media panas berupa cairan atau udara dengan menggunakan udara dingin yang disalurkan melewati sekeliling bagian tabung. Panas dari media panas dipindahkan ke udara dingin, mengurangi suhu media.


Sebagian applikasi UniAir adalah pendinginan oli hidrolik cooler, lube oil cooler, transmisi cooler, hidrolik power pack, hidrolik pumping unit (HPU), conveyor belt, mesin konstruksi, kompresor dll.


Temukan lebih lanjut mengenai Air Cooled UniAir Heat Exchanger DISINI.



Shell and Tube


Shell and Tube Heat Exchanger seperti UniEx adalah tipe heat exchanger yang menggunakan satu tabung besar (Shell) berisi media yang ingin didinginkan atau dipanaskan. Di dalam tabung ini terdapat jalur dengan pipa-pipa kecil (Tube) berisi media lain yang dapat memanaskan atau mendinginkan sesuai dengan kebutuhan.


Ada beberapa variasi dalam Shell and Tube Heat Exchanger seperti Counterflow, Parallel flow dan Cross flow, Single Pass, Multiple Passes, etc.


Sebagian applikasi UniEx adalah pendinginan oli mesin, oli hidrolik cooler, oli transmisi cooler, mesin konstruksi, dll.


Temukan lebih lanjut mengenai UniEx Shell and Tube Heat Exchanger DISINI.


Finned Tube


Finned Tube Heat Exchanger seperti UniFin memaksimalkan luas permukaan untuk meningkatkan kecepatan dan efisiensi pada pemindahan suhu. Tipe ini sangat membantu ketika komponen atau cairan yang ingin digunakan memiliki konduktivitas termal yang rendah.


Finned Tube Heat Exchanger terbuat dari plat yang disusun secara rata, yang disebut Fins atau Sirip, lalu pipa diletakan diantara sirip. Hal ini membuat Finned Tube Heat Exchanger dapat mendinginkan atau memanaskan suhu pada suatu komponen atau cairan dalam luas permukaan yang besar.


Temukan lebih lanjut mengenai UniFin Finned Tube Heat Exchanger DISINI.



Memilih Heat Exchanger

Ketika memilih Heat Exchanger, ada beberapa tipe yang dapat digunakan berdasarkan kebutuhan yang Anda inginkan. Hubungi kami sekarang agar kami dapat merekomendasikan pilihan yang tepat untuk Anda!



1 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua